Cara Menghemat Kuota Internet Android 10x Lebih Hemat

Cara menghemat kuota Internet Android – Internet menjadi kebutuhan yang cukup vital di era digital saat ini. Pasalnya, kini semua serba menggunakan internet, entah itu aktivitas pekerjaan, pendidikan, perpesanan (komunikasi), dan yang paling banyak menyedot kuota adalah sarana hiburan mobile. Jika dibandingkan dengan tahun tahun ke belakang, tentu penggunaan internet saat ini jauh lebih besar. Jika dulu 1-2 GB bisa digunakan untuk sebulan penuh, saat ini 1-2 GB hanya cukup untuk maksimal 3 hari.

Hal itu disebabkan karena teknologi jaringan yang smeakin cepat membuat lalu lintas data juga semakin cepat. Orang hanya butuh waktu beberapa detik untuk mengakses satu laman web, jika dulu butuh waktu cukup lama. Begitu juga ketika mengakses Youtube, kini tak ada lagi masalah bufferring, karena sekali tekan tombol play, video langsung ngacir sampai selesai. Teknologi jaringan 4G LTE memang membuat semuanya serba cepat, termasuk kuota juga cepat habis. Namun tak perlu khawatir karena harga paket internet juga semakin murah, meski ada juga yang tetap mahal seperti telkomsel hehe.

Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Selain faktor jaringan yang semakin cepat, hal yang membuat kuota internet cepat habis adalah pola penggunaan internet yang serba ketergantungan internet, media sosial, streaming berita, streaming siaran langsung dll tentu membuat kuota internet cepat habis. Selain itu, ada juga yang tidak kita sadari pengaturan di smartphone yang membuat kuota cepat habis.

Nah kali ini kuotadata.com akan membahas cara menghemat kuota internet di Android agar tidak cepat habis. Kita akan ulas beberapa sektor yang berpotensi menyedot kyuota tanpa disadari. Lantas apa saja yang membuat kuota internet cepat habis? simak ulasannya berikut ini :

Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara menghemat penggunaan kuota internet yang kami berikan kali ini bukan dengan cara menutup aplikasi, atau memba6tasi penggunaan. Sebab tidak menggunakan smartphone memang akan menghemat kuota internet android, tapi itu bukan solusi. Sebab, tanpa disadari memang ada beberapa “pintu” yang membuat kuota internet cepat habis atau boros. Apa saja? simak berikut ini :

Matikan Sinkronisasi

Salah satu yang membuat kuota internet cepat habis adalah fitur sinkronisasi. Sinkronisasi memang cukup membantu karena jika file atau data di smartphone hilang, kita masih punya back up nya. Namun di sisi lain kuota juga akan tersedot apalagi jika aktifitas kita cukup tinggi. Bagi kamu yang bisa memastikan smartphone tidak akan hilang, silakan matikan fitur sinkronisasi Google.

Matikan Fitur Google Photo

Selain sinkronisasi, ada juga fitur Google Photo yang secara otomatis mengupload foto/gambar baru di Galery ke Google Drive. Tentu saja fitur ini menyedot kuota karena seperti kita tahu ukuran foto (terlebih foto kamera) berukuran sangat besar. Jika fitur ini aktif, silakan matikan Google Photo untuk menghemat kuota internet android. Untuk langkah antisipatif, silakan lakukan back up manual di PC.

Matikan fitur Automatic Update

Cara menghemat kuota internet android selanjutnya adalah mematikan fitur update otomatis pada aplikasi (google Play Store). Fitur ini cukup menyedot kuota jika diaktifkan karena aplikasi android sering melakukan update. Silakan matikan atau aktifkan pada mode WiFi only.

Matikan fitur Otomatis Play Video di Instagram dan facebook

Instagram dan facebook, siapa yang tak memiliki akun dan aplikasi tersebut di Smartphone? Tren video di facebook dan Instagram memang menghibur, namun jika tidak difilter akan membuat boros kuota karea sekali kita scroll, video langsung terputar otomatis di instagram dan facebook. Padahal, di timeline ada puluhan video. JIka setiap hari kita membuka instagram, bisa dibayangkan berapa kuota yang tersedot. Oleh sebab itu untuk menghemat kuota android, silakan matikan fitur autoplay video Instagram dan facebook.

 

Turunkan resolusi Video youtube

Cara menghemat penggunaan kuota android agar tidak cepat habis selanjutnya adalah dengan menurunkan resolusi video di Youtube. langkah ini sangat penting bagi yang sering nonton YouTube. Secara default, Youtube mengeset resolusi Otomatis mengikuti kecepatan jaringan yang dimiliki. Jika jaringannya 4G LTE otomatis akan memutar video HD. Padahal untuk resolusi HD akan menyedot kuota jauh lebih kbesar. Untuk ukuran smartphone set video ke resolusi 460 piksel juga sudah jernih, dan bisa menghemat kuota hingga setengahnya.

Baca Juga : cara Nonton Youtube Tanpa Kuota Gratis Sebulan

Gunakan browser dengan kompresi tinggi

Jika hobi browsing, silakan gunakan browser dengan kompresi tinggi seperti Opera Max, atau UC Browser. Dua browser ini mampu mengompres data hingga jauh lebih kecil dan bhemat, tapi harus hati hati karena ada iklan berbahaya terutama di UC browser.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengehmat kuota internet di Android. Dengan mengikuti langkah langkah di atas, saya jamin, kuota Internet kamu jadi lebih awet dan tidak cepat habis. Bisa juga Anda coba beberapa trik mendapatkan kuota gratis internet berikut ini untuk menambah kuota dan pemakaian internet :

Cara Menghemat Kuota Internet Android 10x Lebih Hemat | Kuotadata.com | 4.5